Wednesday, February 8, 2012

Erykah Badu- “First Lady of Neo Soul”

Bagi pecinta musik jazz, nama Erykah Badu bukanlah nama asing lagi. Wanita yang terlahir dengan nama Erica Abi Wright ini adalah penyanyi soul dan R&B wanita kenamaan dengan pesona eksentrik yang lebih dikenal dengan nama Erykah Badu.
Mulai dari aksi panggung yang tak biasa hingga dandanan yang cukup nyentrik ia tampilkan untuk memberi warna ‘beda’ dari suatu bentuk seni pertunjukkan yang ia suguhkan. Penyanyi R&B Soul asal Texas, Amerika ini akan tampil di satu pagelaran Jazz terbesar di dunia yang telah menginjak tahun ke-8, Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2012.
Kabar ini pertama kali dibeberkan pada Sabtu (17/12) lalu melalui akun Twitter resmi Java Jazz di @JavaJazzFest dengan kicauan yang berbunyi: “New CONFIRMED artist lineup to perform at #JJF2012 : ERYKAH BADU!”
Erykah akan tampil di hari pertama Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2012, 2 Maret 2012. Penampilannya tersebut tercantum sebagai special show dengan harga tiket relatif terjangkau, Rp 110 ribu.
Mengenai harga tiket special show yang lebih murah dibanding tahun-tahun sebelumnya ini pun, Peter F. Gontha selaku bos besar promotor Java Festival Production mengatakan bahwa ia ingin agar sekumpulan special show tersebut dapat dinikmati lebih banyak orang. Selain itu, ia juga berharap bahwa penetapan harga yang ramah ini dapat menjadi sebuah terobosan tersendiri.
Dengan mengangkat tema “Don’t Worry Be Jazzy”, Erykah dipastikan tetap akan membawakan lagu-lagu andalannya dengan nuansa neo-soul dan Jazz yang khas Erykah! Warna vokalnya yang sering dipadankan dengan legenda jazz vocalist Billie Holiday. Ia juga dijuluki sebagai “Queen of Neo-Soul” karena perannya yang penting penting dalam kemunculan sub-genre neo soul. Ia pun disebut sebagai “First Lady of Neo Soul” oleh banyak pihak.
Ia mulai dikenal orang banyak ketika merilis album perdana bertajuk Baduizm pada 1997. Selain itu, ia juga telah merilis lima album studio yang masing-masing berjudul Baduizm pada 1997, Mama’s Gun pada 2000, Worldwide Underground pada 2003, New Amerykah Part One (4th World War) pada 2008, dan New Amerykah Part Two (Return of the Ankh) pada 2010.

Ia telah menerima total lima puluh tujuh nominasi dan enam belas trofi dari berbagai macam penghargaan. Ia memenangi empat Grammy Awards, yaitu pada kategori Best Female R&B Vocal Performance untuk lagu “On & On”, Best R&B Album untuk Baduizm, Best Rap Perfomance by a Duo or Group untuk lagu “You Got Me”, dan Best R&B Song untuk lagu “Love of My Life (An Ode to Hip-Hop)”.
(Sri Wahyuni)

No comments: