Tuesday, February 7, 2012

Balawan Bifan Duo

Dunia Jazz Indonesia makin ramai saja dengan beragam proyek musisi yang makin beragam. Djarum Java Jazz Festival 2012 Maret mendatang pun turut menghadirkan kelompok musisi jazz baru namun dengan orang lama di dalamnya. Kali ini BiFan Duo yang berasal dari kata Be Fun dalam bahasa Inggris beranggotakan gitaris I Wayan Balawan dan bassis Fajar Adi Nugroho.

Bifan Duo juga diambil dari nama mereka masing-masing. Sungguh perpaduan dua talenta besar yang dimiliki Indonesia. Balawan menjelaskan bahwa grup ini gabungan antara ‘tapping dan slappin’ akan membawakan lagu-lagu orisinal.

Balawan kita kenal lewat kelompok Batuan Etnik Fusion dan Gamelan Maestro selain juga aktif di Trisum bersama gitaris Budjana dan Tohpati. Ia telah merilis beberapa album antara lain gloBALIsm, Balawan, Magic Fingers dan See you Soon. Bersama Trisum, Balawan telah merilis dua album yakni Trisum 1st Edition dan Five in One.

Di lain sisi, bassis Fajar Adi Nugroho sempat tampil di Rusia dan Erasmus Huis Jakarta akhir Desember lalu bersama Indro Hardjodikoro The Fingers. Pria kelahiran Jakarta, 15 Februari dan anak kedua dari empat bersaudara ini  mengenal dunia musik ketika berumur 15 tahun. Ia sempat bermain dalam berbagai aliran musik mulai dari hiphop sampai rock.

Jika di review lebih lanjut, penampilan mereka pasti akan memukau pengunjung Djarum Java Jazz Festival 2012 nanti yang akan digelar  di B2 Hall Kementerian Perdagangan. Bagaimana tidak, mereka akan menghibur pengunjung dengan teknik permainan gitar yang luar biasa, harmonis dan yang terpenting adalah FUN!

Pria kelahiran Bali, 9 September 1973 (Balawan) ini juga dikenal sebagai satu-satunya gitaris profesional yang dikenal dengan teknik "Touch Tapping Style" (seperti halnya Stanley Jordan) dia Asia. Sebuah permainan yang memanfaatkan ke-delapan jari untuk memainkan tap pada fretboard. Sekilas permainan ini kelihatan seperti permainan piano: permainan bass, chord dan melody, semuanya dimainkan dengan jari kiri dan jari kanan... nyaris tanpa dipetik.

Sedangkan Fajar pernah tampil bersama “7 Bass” dengan Indro Hardjodikoro, Tendra (Groovology), Adi Dharmawan (Nera) , Ilyas M (Tompi) , Barry Likumahuwa, dan Kristian (Tangga) yang diadakan oleh Farabi Music School dan GKJ.

Catat tanggal mainnya, Jum`at, 2 Maret 2012!
(Sri Wahyuni)
   

No comments: