Monday, November 2, 2009

Let’s Going Green Lifestyle…

Dimana-mana kampanye untuk melawan Global Warming telah ramai diserukan oleh individu, pemerintah maupun komunitas tertentu yang mendukung gerakan penghijauan dan menginginkan bumi menjadi tempat yang lebih baik, mungkin termasuk Anda.
Ini telah menjadi sebuah fenomena dalam kehidupan kita sekarang ini. Kita tidak bisa menutup mata bahwa bumi tercinta kita ini sedang terancam kelestariannya. Berbagai bencana yang datang silih berganti seperti gempa bumi, angin puting beliung, kebakaran hutan, longsor dan lain sebagainya telah menandakan kemerosotan nilai bumi kita dari waktu ke waktu. Ini adalah teguran dari alam dengan menyentil kepedulian diri membuat bumi tetap hijau agar nyaman untuk disinggahi.
Green Lifestyle adalah sebuah gaya hidup yang seharusnya sejak dulu telah kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini bukan berarti Anda harus serba hijau, rumah dicat warna hijau, pakai baju hijau, rambut berwarna hijau, sepatu hijau atau tubuh kita mesti hijau (seperti Hulk atau Alien). Bukan. Bukan itu esensi dari Green Lifestyle.
Gaya hidup semacam ini lebih menitikberatkan kepada kepedulian kita kepada bumi tercinta. Sebuah gaya hidup yang benar-benar menjadikan bumi ini sebagai “sahabat” Anda dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya sebagai “Objek” eksploitasi untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.
Untuk memulainya, Anda tidak harus melakukan perubahan yang drastis terhadap pola hidup Anda. Kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang biasa kita lakukan sehari-hari. Setahap demi setahap dan dimulai dari hal yang kecil seperti aktivitas rutin dan dilakukan mulai saat ini, kita bisa memulai melestarikan bumi tercinta ini, ya kan?

1. Hemat Pemakaian Air
Biasakan menggosok gigi dengan kran tertutup. Jangan biarkan kran air terus terbuka dan air mengalir terus. Green Lifestyle dimulai dengan menutup kran tersebut dan mempergunakan air disaat anda memerlukannya saja.

2. Manfaatkan Lampu Listrik secara Bijak
Matikan lampu di saat tidak digunakan semisal Anda sedang bersama keluarga di ruang keluarga, matikan lampu kamar Anda. Selain menghemat energi, hal ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda karena aman dari pengeluaran berlebihan.

3. Green Lifestyle dengan Cucian Anda
Manfaatkan semaksimal mungkin cahaya matahari di luar untuk mengeringkan pakaian meskipun Anda memiliki alat tekonologi tinggi yang bernama Mesin Pengering. Ini adalah salah satu cara menghemat energi. Hal yang sama juga bisa dilakukan saat mencuci baju. Daripada memakai mesin cuci, lebih baik cucilah secara tradisional dengan menggunakan tangan kita. Selain bisa menghemat listrik, Anda bisa sekalian berolahraga.

No comments: