Friday, March 26, 2010

Es Pocong, Es yang Mencekam Lidah


Pernah melewati daerah bundaran Air Mancur? Ketika Anda mengitari bundaran itu, tepat di sebelah kanan TK Pertiwi 2, Anda akan melihat gerobak besar yang menjual es Pocong. Hem, pasti mendengar kata ini akan bergidik dibuatnya. Namun, Pocong yang satu ini tak bisa kita lewati.

Arman Permana, penjual Es Pocong di Jl. Pemuda itu mengatakan bahwa Es Pocong yang dijualnya seharga Rp 5.000 per gelas. Penasaran seperti apa bentuknya, saya pun memerhatikan apa komposisi es yang membuat bulu kuduk merinding itu. Satu persatu bahan-bahan Es Pocong pun dimasukkan ke dalam gelas. Saya baru ‘ngeh’ kenapa dinamakan Es Pocong, karena bubur sum-sum yang berwarna putih itu diletakkan di dasar gelas. Setelah itu menyusul papaya, kolang kaling, alpukat, nangka, jambu biji, sirup merah dan sentuhan akhir es batu yang dipercantik dengan strawberry dan air susu yang diberi pandang. ”Awalnya memang nemu di daerah Margonda Depok, tapi isi-isi es pocong in sudah dimodifikasi oleh saya,” jelasnya.

Tak perlu menunggu lama, segelas Es Pocong tersaji manis di depan meja. Penampilannya yang berwarna-warni itu menggoda air liur saya yang sudah ketakutan mendengar namanya. Tanpa basa-basi, saya langsung menyendokkan Es Pocong itu.

Begitu menyuap bagian atas, rasanya dingin menyegarkan tapi pas bagian bawah, hangatnya bubur sum-sum menggelosor ke dalam kerongkongan. Puas mencicipi bagian demi bagian, saya megaduk semua olahan menjadi satu. Hmm..nikmatnya sampai ke perut. Bagi yang tak mau mampir, pesanlah diatas kendaraan Anda, Arman akan setia mengantarkannya hingga ke bangku supir. Heeem... nikmatnya.. :D

No comments: