Monday, February 11, 2008

Waaaaaaaaaaaaaaaa Muncul Lagi....

Gue gak tau klo account gue buat blog ini masih ada.... gue pikir dah ilang entah kemana... padahal gue cuman ngasal tau.. gilaaa ternyta ada lagi....


abis berapa ni buat ngenet doang n ngerjain artikel tentang coklat gue... mo tau artikel gue nih.......

Coklat, Lumer hingga ke hati

Siapa sih yang menolak coklat ? walaupun sedang diet, pastinya anda tidak akan menolak apabila coklat telah disodorkan di depan mata. Coklat dengan nama latinnya Theobroma cacao (food of the Gods) mampu melumerkan setiap hati para wanita. Apalagi dalam hari Valentine kemarin, pastinya setiap toko dan pasar swalayan menambah stok tokonya untuk memenuhi hasrat kasmaran setiap pasangan. Tetapi banyak pula yang kurang tahu bahwa coklat memang benar-benar bermanfaat for heart (jantung).

Menurut riset yang dilakukan para ahli, cokelat mengandung catechin yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Cathecin merupakan suatu zat yang masuk dalam kelompok bahan kimia tumbuhan yang disebut flavonoid. Flavonoid ini, dikenal sebagai antioksidan atau zat penetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Dan, antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya proses penyempitan pembuluh darah, hingga dapat memperkecil risiko terjadinya serangan jantung koroner.

Untuk perawatan kecantikan coklat ternyata sangat bermanfaat karena mengandung flavanol, sejenis antioksidan yang dapat melacak dan menghancurkan zat kimia berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit serius.

Selain memiliki efek antioksidan, cokelat juga mampu merangsang sistem kekebalan tubuh, dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistim imun tubuh). Ada pula serotonin yang membantu stimulasi otak sehingga kita merasa senang dan rileks. Dan masih banyak manfaat coklat lain yang sangat baik bagi tubuh kita.

“Coklat kan bikin gemuk!”.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa coklat merupakan faktor penyebab utama kegemukan. Tetapi fakta-fakta dilapangan membuktikan bahwa hal ini tak sepenuhnya benar. Banyak kandungan coklat yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti yang telah saya sebutkan diatas. Jangan pernah menyalahkan coklat sebagai penyebab kegemukan. Faktanya tidak ada satupun makanan yang dapat menyebabkan kegemukan, tetapi seberapa banyak jumlah yang dikonsumsi, itulah yang membuat kegemukan.

“ Saya konsumen setia coklat! Hampir setiap hari makan berbagai jenis coklat. Ya coklat batangan, permen coklat mpe susu coklat. Abis enak sih. Tapi tubuh saya gak ngaruh tuh dan gak ngerusak gigi pula. Kan rajin sikat gigi. Jadi gak masalah.”, ujar Ratih siswi SMKN 3 Bogor.

Seperti nama latinnya Theobroma cacao (food of the Gods), makanan para dewa. Jangan sampai mengkonsumsi coklat sebagai makanan harian. Karena banyak penambahan bahan-bahan pemanis dan penambah kaya rasa, seperti gula, susu, dan mentega yang memang dapat menyebabkan coklat memberikan efek kurang baik bila dikonsumsi berlebihan. YUNI

No comments: