Wednesday, February 27, 2008

Diploma Sehat 2008

Diploma Sehat 2008

Donor darah dan Pelayanan kesehatan Gratiss…

Acara yang diprakasai oleh Departemen Sosial DKM Al-Ghifari dan BEM-J Diploma IPB ini diadakan di pelataran parkir kampus Gunung Gede IPB. Mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00. Tetapi antusias yang begitu besar dari kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar membuat panitia menutup acara ini pukul 13.00 karena kehabisan kantong darah.

Mereka menargetkan 150 pendonor tetapi yang mendaftar lebih dari itu. Acara Donor darah dan Pelayanan kesehatan ini memang pertama kali diadakan di Diploma. Inilah yang membuat acara ini terbilang sukses. “Diharapkan 3 bulan lagi, acara serupa bisa digelar dalam rangka menyehatkan lingkungan kampus dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.”, ujar Devi Sopian, Ketua Panitia “Diploma Sehat 2008”.

Acara ini tidak akan sukses jika tidak didukung oleh Dinas Kesehatan Bogor, PMI dan Walikota Bogor. Kosepnya sendiri telah ada sekitar bulan Nopember dan dengan persiapan yang hanya sebulan. “ Acara ini memang sudah ada dalam Program Kerja Departemen Sosial. Jadi tinggal kita realisasikan. Alhamdulillah terlaksana juga. ”, tambah mahasiswa Manajemen Informatika angkatan 44 ini.

Peserta yang datang kebanyakan dari kalangan mahasiswa. Hanya sekitar 10 % dari masyarakat lingkungan kampus.”Kebayakan yang datang sih untuk pemeriksaan penyakit standar. Seperti flu, demam, atau penyakit katarak. Kebanyakan yang berobat di pelayanan kesehatan ini masyarakat sekitar. ”, ungkap Drs. Romdja H. Tim Dari Dinas Kesehatan.

“Uang, pakaian, baju –baju bekas.. Itu mah biasa! Makanya gue mau nyumbang darah. Biar lebih sehat aja. Udah gitu berpahala lagi. Jadi antusisas deh ikut acara ini.”, tutur Nanda, Mahasiswi SJMP Diploma yang juga memberikan darahnya untuk pertama kalinya.

Memang pada jalannya acara banyak yang pingsan, tetapi hal itu wajar dan bisa diatasi. Kesigapan dari pihak panitia membuat segalanya lancar, aman dan terkendali. Hal ini tidak membuat para pendonor mundur dari niatnya. Niat yang mulia yang didengungkan mahasiswa tidak bisa gugur begitu saja.

“Acara gini mang harus diadakan lagi. Bagusnya kan 3 bulan sekali. Biar tetap sehat dan fit. Selain bisa sehat kan juga bisa beramal!”, tambah mahasiswi yang sekarang duduk di tingkat 2.

YUNI

No comments: