Thursday, January 14, 2010

Seni Menyimpan Kesenangan


Every day is memory worth saving. Bila Anda percaya pada kalimat indah barusan, berarti Anda orang yang menghargai makna kenangan. Ada banyak kenangan dalam hidup kita. Kenangan semasa bayi, ketika pertama kali masuk sekolah, mulai berpacaran, diterima bekerja, mendapat gaji perdana, menikah dan kelahiran anak pertama dan masih banyak lagi. Setiap kenangan memiliki cerita tersendiri dan indah apabila dikenang. Namun, sulitnya karena tak semua kenangan bisa kita simpan di memori otak kita, ada baiknya kenangan tersebut diabadikan dalam sebuah foto dan kita simpan dalam album kenangan.
Album foto yang biasa orang gunakan untuk “menyimpan” kumpulan kenangan terasa semakin jadul dan konservatif. Dalam album tersebut biasanya hanya berisi berbagai kumpulan foto. Bukankah lebih indah apabila setiap kenangan itu bisa kita berikan sentuhan berbeda?
Sebuah toko di Ekalokasari Plaza yang menyulap foto biasa menjadi memorabilia yang tak ternilai bagi anak cucu dalam seni bernama scrapbook. Setelah dua tahun berjalan, Paper Studio yang kini memiliki tujuh cabang di Indonesia ini mendapati peminat para scrapbook ini semakin banyak saja meski kita hidup di zaman teknologi tinggi dan semua serba digital. Paper Studio di Ekalokasari Plaza sendiri, kebanyakan menarik minat para pelajar dan ibu-ibu rumah tangga.
“Aku sering datang kesini untuk beli perlengkapan buat Scrapbook. Biasanya buat kado temen atau tugas-tugas sekolah. Kita bisa lebih kreatif dan kegiatan ini sangat mengasyikkan,” papar Tcha, siswi kelas 3 SMAN 1 Bogor ketika ditemui di Paper Studio, kemarin.
Bersama Yuwan, sahabatnya, ia mencari berbagai background dan embhellisment (hiasan) yang bakal disulapnya menjadi sebuah kado terindah. Banyaknya variatif background yang disediakan Paper Studio tidak membuat ia bingung sebab ia hanya menyukai tema-tema girly yang diberi sentuhan pita, bunga, maupun nuansa warna pink.
Selain background dan embhellisment, Ine Murdiansyah, pegawai Paper Studio juga menyebutkan berbagai stationery yang juga bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan para scrapbooker.
“Ada sticker, frame, pensil lucu, pembolong kertas lucu, dan bunga kering asli kami sediakan untuk mewadahi kreatifitas para scrapbooker, sehingga tidak kehabisan ide. Soalnya dalam menciptakan sebuah scrapbook, dibutuhkan kreatifitas dan kepercayaan diri tinggi serta berani mengaplikasikan berbagai ide dalam scrapbook. Setiap Sabtu, kami juga membuka kelas membuat Scrapbook gratis. Pengunjung hanya membeli perlengkapannya dan akan kami ajarkan,” jelasnya.

No comments: