Tuesday, February 2, 2010

Bluetooth Lenyap, Wi-Fi Jadi Penguasa Jalur Koneksi


Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

wifi

Kini telah hadir sebuah spesifikasi Wi-Fi terbaru yang memudahkan device wireless menemukan dan terkoneksi satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan sebuah router. Wi-Fi baru itu dinamakan Wi-Fi Direct, yang diumumkan Rabu (15/10) oleh Wi-Fi Alliance, group industry yang mempromosikan teknoloogi tersebut. Dengan adanya kemudahan koneksi ke berbagai device secara langsung satu sama lain menggunakan Wi-Fi, maka dapat ‘mempengaruhi posisi’ teknologi wireless lainnya, seperti Bluetooth.

Cara kerja Wi-Fi Direct dapat dimanfaatkan untuk ponsel, camera, printer, keyboard, computer, dan headphone untuk terkoneksi ke device Wi-Fi baik untuk per device atau multi device secara bersamaan. Wi-Fi Direct akan support transfer data Wi-Fi, dan device dapat terkoneksi dengan yang lain dalam jarak 100 meter. Keberadaan Wi-Fi Direct ini memiliki kemungkinan besar dapat menggeser dominasi Bluetooth, atau dapat mengeliminasi kebutuhan router Wi-Fi di beberapa tempat.

Wi-Fi Direct ini bekerja menggunakan access point Wi-Fi mini, dan tidak menggunakan router Wi-Fi. Dengan begitu, otomatis akan mengalihkan posisis Bluetooth, yang kini sudah luas dipakai untuk menyediakan koneksi peer-to-peer yang sama antar device, sebagai contoh koneksi headset ke music player dan ponsel. Sementara Wi-Fi Alliance berencana untuk mempublikasikan spesifikasi Wi-Fi Direct peer-to-peer tersebut segera dan akan membuat sertifikasi device untuk Wi-Fi Direct di tahun 2010.

dikutip dari http://www2.ilmci.com/?p=419#comments

No comments: