Monday, April 4, 2011

FB/Twitter Connect Gaya Baru Publikasi Anda


Pernah melihat seekor kartun burung kecil biru yang terbang dengan lucu atau sekedar bertengger di sebuah website yang Anda kunjungi? Ketika Anda mendekatinya dengan mouse (hover), maka cursor akan berubah menunjukkan suatu link. Itu adalah salah satu twitterconnect, sebuah tren yang berkembang dalam publikasi di dunia maya.

Dwiky (27), kerap kali berbagi informasi dari berbagai artikel yang ia baca di wall facebook-nya. Berbagai komentar dari artikel tersebut pun sering memenuhi wallnya. Tak sedikit temannya di dunia maya ikut meng-klik situs tersebut. Terus berkembang dan akhirnya diikuti oleh teman-temannya yang juga sering berbagai info atau artikel yang ia baca. Begitulah informasi yang bisa dibagi dengan mudahnya lewat situs sosial media.

Perkembangan situs sosial media benar-benar mengambil perhatian masyarakat luas dunia. Facebook dan Twitter menjadi wadah aspirasi, curhat dan berbagi informasi. Pengaruhnya luar biasa hingga bisa menjadi penggerak sebuah komunitas yang dapat memengaruhi keputusan sebuah negara terhadap suatu masalah.

Begitu kuat pengaruh situs sosial media tentu saja banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Mereka memanfaatkan peluang ini dengan menghubungkan website yang dimiliki dengan Facebook atau Twitter. Aplikasi ini dinamakan fbconnect atau twitterconnect.

Menurut Rama Ali, Marketing Manager PT. Pusatmedia Indonesia, aplikasi ini menjadi tren tersendiri di dunia maya. Katanya, sebuah website menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dengan adanya aplikasi ini.

“Perhatian masyarakat sangat besar kepada situs sosial media. Ini menjadi cara yang praktis untuk memperkenalkan sebuah produk atau menginformasikan suatu hal agar lebih banyak lagi yang tahu. Situs sosial media menjadi jembatan penghubung yang efektif dan efisien,” ujar pria berkacamata itu.

Sederhannya, aplikasi ini membuat website yang kita miliki menjadi lebih interaktif dengan facebook atau twitter. Misal kita bisa membuat koneksi antara facebook dengan wordpress ataupun facebook dengan blogspot. Contoh lain adalah sebuah situs berita yang kerap kali dikunjungi memasang aplikasi ini. Ketika kita berkomentar pada suatu berita, fb connect dengan otomatis mengirimkan feed (umpan balik-red) dari berita yang terkomentari pada wall kita.

Tambah Rama, jika pada 2010 facebook merajai situs sosial media, maka di 2011 Twitter akan melejit menjadi situs sosial media yang paling banyak digemari. Ini berarti twitterconnect lebih digemari daripada fbconnect.

Semakin banyak orang yang online dengan smartphone. Jika sebuah situs atau website dibuka via hp, aplikasi facebook lebih berat ketimbang twitter yang menyandang mikroblogging. Tentu saja waktu yang digunakan akan lebih cepat dan ringan, sehingga lebih mudah membuka situs yang diinginkan lewat handphone,


Tertarik berbisnis di situs media online?

No comments: